BerbagiSampaiMATI

Icon

Ya Alloh penggenggam jiwaku!!, Kumohon letakkan Dunia di tanganku, dan Jangan Letakkan Dunia di Hatiku

Muslimah Berjilbab Dilarang Melamar untuk LOWONGAN CPNS !!!


Gak Percaya? Lihat syarat syarat yang di sayaratkan untuk menjadi CPNS di lingkungan departemen ini, Anda diharuskan untuk melengkapi semua persyaratan , salah satunya seperti yang saya kutip dibawah ini:

 

8.

Pada ujung kanan atas amplop coklat dituliskan huruf  ”CPNS”;

9.

Pas photo terakhir ukuran 3 x 4 cm sebanyak 4 (empat) lembar dan ditulis nama pelamar di bagian belakang photo;

 

…………

 

…………

 

…………….

13.

Asli atau foto copy Surat Keterangan Sehat dari rumah sakit atau dokter Pemerintah, satu bulan terakhir yang dilegalisir;

14.

Asli atau foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang masih berlaku dan dilegalisir;

 

 

Terus apa hubungannya dengan jilbab?

 

Para pencaker yang tidak boleh saling mencaker [mencakar .. red.], tahukah anda bahwa untuk mendapatkan SKCK pada poin 14 diatas, anda yang muslimah, berjilbab rapi dan mempunyai “ghirah” untuk hanya buka-bukaan dan membuka jilbab di depan suami sahadja, harus siap siap menelan pil pahit. Pil pahit tersebut djuga dialami oleh istri temen saya sendiri di kota ini yang diharusken untuk mematuhi syarat syarat bapak pulisi, bahwa untuk mendapatkan SKCK harus menyertakan foto diri yang kelihatan kedua telinganya, sehingga kalau tidak mau, dan tidak sanggup untuk memenuhi syarat : “FOTO diri dengan tampak kedua telinga”, ya nuwun sewu, anda, para jilbaber harus mencari SKCK di CAYMAN ISLAND ataupun di SURINAME. Lha kok bisa?

Lha iya toh, masak orang berjilbab disuruh foto yang tampak kedua telinganya?? Sehingga ada 2 opsi yang bisa diambil :

  1. tetep maju, dan mencari cari foto foto jaman dahulu, sebelum akil balig, yang tampak kedua telinga.
  2. Berkata tidak, dan bersabar dan InsyaAlloh anda akan mendapatkan ladang pahala yang baru dengan bersabar dalam hal ini.

 

Atau para pencaker yang jilbaber pun ya pengalaman lain mengenai hal ini? Atau hal ini hanya berlaku di kota ini sahaja?

Entahlah, saya hanya mengelus dada, ternyata di tengah hiruk pikuknya perkembangan Islam di kalangan kampus, semakin diterimanya jilbab di era sekarang, Ternyata para jilbaber yang istiqomah, harus bersabar untuk DILARANG IKUT TEST CPNS.

 

Oh Endonesia

Advertisements

Filed under: info kesehatan, KARIR, lowongan, lowongan kerja, info apa aja, ngalor ngidul, perlu bantuan anda, vacancy, job opportunity

53 Responses

  1. lesstime says:

    tuh pastinye direktur departemennya orang anti islam.
    bersabarlah untuk saudariku….

  2. evi says:

    menurut pengalamanku pribadi aku gk menemui kesulitan pas bikin SKCK.. (gk harus pake’ foto yg kelihatan daun telinganya)..
    mungkin setiap polres beda-beda kebijakanya.. tp gk usah jauh2 ngurus ke SURINAME.. ke sidoarjo aja KOTA-ku…

  3. mirza says:

    Alhamdulillah, aku sudah bikin skck, dan beberapa kali perpanjang , polsek/polres jakarta barat
    TIDAK PERNAH disuruh photo buka jilbab supaya kelihatan telinga tuh…
    so coba ke polrest atau polsek wilayah lain
    jangan putus asa, jangan su udzon dan jangan dibesar-besarkan
    trims

  4. kiss ikhwah says:

    Subhanalloh saudariku Apakah Alloh memberikan ladang rezki di dunia ini cuma satu tempat…? Bukankah Alloh maha kayaa!!!!!??? Tetap istiqomah saudari Q. tidak pun menjadi calon PNS anda Insya Alloh akan menjadi calon Penghuni Nuansa Surga (PNS) juga khaaaan

    tetap istiqomah Saudari Q……

  5. bambangtko says:

    Masih banyak pekerjaan halal yang lain, setiap orang pasti udah ada rejekinya.

  6. almaidany says:

    Udah….tak usah keluar Rumah. Allah saja sudah perintahkan untuk para wanita menetap di rumah-rumahnya. Baca lagi al Qur’an kalau memang sebagai pegangan hidup kalian. Tanyakan ke ulama’ yang bermanhaj salaf solusinya apa? Rajin baca buku agama kalau mau. Atau datang ke majlis-majlis ta’lim bermutu dan ilmiah yang kembali kepada al Qur’an dan hadits Nabi dengan faham para sahabat Nabi, Tabi’in, dan Tabi’ut Tabi’in.

  7. Johan Suryantoro says:

    Ini bukan masalah cari rejeki. Tapi kalau ada hal-hal yang nggak sesuai dengan aqidah, mbok ya cepat ditangani gitu lho.

  8. Johan Suryantoro says:

    Saudara-saudaraku sekalian, ini bukan hanya masalah cari rejeki. Tapi kalau ada hal-hal yang nggak sesuai dengan aqidah, mbok ya cepat ditangani gitu lho.

  9. alex says:

    Itu aturan kampret benar!
    Apa negara ini mo ikut-ikutan meniru pemerintahan Perancis?
    Bah! Katanya negara beragama, toleran, majemuk, kok departemen ndak bisa ngehargai keyakinan muslimah sih?
    Busuk itu departemen!

    *ngamuk2 ON*

    @ almaidany

    Udah….tak usah keluar Rumah. Allah saja sudah perintahkan untuk para wanita menetap di rumah-rumahnya. Baca lagi al Qur’an kalau memang sebagai pegangan hidup kalian.

    Kawan… tak segampang itu bicara. Mungkin kalau muslimah di lingkungan anda hiduponya tercukupi dengan suami atau saudara lelakinya…

    Tapi tidak semua muslimah semudah itu hidupnya. Ada sikon yang bisa jadi sangat berbeda dengan anda.

    Terlalu naif berpikir demikian, kawan…
    😐

  10. marwan says:

    mmm,,kalo g salah, temen kuw ada juga deh yang foto pake jilbab, itu mungkin peraturan didaerah setempat aja kali yah yg agak berbeda dengan dsni..tp kalo harus melepas jilbab, yah jgn lah, masih byk kok pekerjaan laen yang bisa dicari,,asal kita berkompeten,,
    lagian kalo menurut gue masuk PNS jaman skrg??ati2 tertular kebudayaan makan gaji buta n korup..
    semangat!!!
    lam kenal yah,,
    wawan.
    http://www.likalikulaki.wordpress.com

  11. dobelden says:

    wah gitu ya?? disini nggak tuh …

    *ups gak tahu juga ding.. wong blum pernah nyari SKCK 😀

  12. blog says:

    yah, begitulah…..
    masih banyak yg islamophobia…
    bahkan katanya jilbab budaya arab, disini kan budaya jawa ? benar gak?

  13. hhh says:

    aq jg ada t-man yg lulus pns, awalnya iya uda pake jilbab y sesuai syar’i eh….krn aturan yg ketat skrg dia hrs pake krudung yg kecil nd tipis. sedih banget, cuma gara2 kerjaan hrs mggadaikan kewajiban yg telah jelas2 hukumnya. do’akan sj mudah2an t-man2 kita yg akhwat yg “trjebak” dlm lingkungan tsb dpt istiqomah kembali. amin….

  14. Goslink says:

    Setahu saya bukan hanya Deptan yang memberikan persyaratan harus melampirkan SKCK (dahulu namanya SKKB), beberapa lowongan CPNS di departemen lain juga hampir membutuhkan syarat yang sama.

    Istri saya (kebetulan berjilbab) bulan lalu mengurus SKCK di Polres Jakarta Timur, tidak ada masalah harus membuka jilbabnya untuk di foto. Dia di foto dengan memakai jilbab rapi. Anda mungkin bisa mengirim surat ke pemda Magetan dalam hal ini.

    Yang justru saya perlu di cermati adalah lowongan di BNN yang harus memberikan foto tanpa penutup kepala. Di situ tidak jelas disebutkan apa yang di maksud penutup kepala. Lebih lengkapnya, silahkan lihat di :
    http://goslink.wordpress.com/2007/11/07/lowongan-bnn-tidak-fair/

    Wassalam.

  15. oyi says:

    ora PNS ora pathek’en!

    *lhokokmalahmarah?*
    *maafjadikurangsabar*

  16. sibermedik says:

    Ngapain juga bela-belain masuk departemen PNS yang kya gitu?apa takut kurang rejeki?
    Masa’ umat agama yang berdoa kepada “tuhan”nya 1 minggu sekali aja masih dijamin rejekinya oleh Allah Swt.
    knp qta sbg muslim yg berdoa minimal 5x/hr kepada Allah swt masih takut kurang rezeki?

  17. atmo4th says:

    mungkin rejekinya di tempat lain…
    sabar aja dan terus berusaha.

  18. Goslink says:

    Sebenarnya bukan hanya Departemen Pertanian yang membutuhkan SKCK (dahulu namanya SKKB) sebagai persyaratan melamar. Beberapa instansi pemerintah yang saat ini sedang membukan lowongan juga kok.

    Bulan lalu istri saya mengurus SCTK di Jakarta Timur tidak ada masalah kok. Istri saya bisa membuat SKCK tanpa harus melepas jilbabnya sama sekali. Mungkin mas bisa mencatat nama polisi di Magetan? yang mengharuskan membuka jilbab dalam pengurusan SKCK tersebut dan kirim surat ke Komnas HAM.

    Yang justru harus di cermati adalah lowongan BNN yang mewajibkan photo tanpa tutup kepala.lengkapnya silahkan di lihat di : http://goslink.wordpress.com/2007/11/07/lowongan-bnn-tidak-fair/

    Wassalam

  19. Goslink says:

    Sebenarnya bukan hanya Departemen Pertanian yang membutuhkan SKCK (dahulu namanya SKKB) sebagai persyaratan melamar. Beberapa instansi pemerintah yang saat ini sedang membukan lowongan juga kok.

    Bulan lalu istri saya mengurus SKCK di Jakarta Timur tidak ada masalah kok. Istri saya bisa membuat SKCK tanpa harus melepas jilbabnya sama sekali. Mungkin mas bisa mencatat nama polisi di Magetan? yang mengharuskan membuka jilbab dalam pengurusan SKCK tersebut dan kirim surat ke Komnas HAM.

    Yang justru harus di cermati adalah lowongan BNN yang mewajibkan photo tanpa tutup kepala.lengkapnya silahkan di lihat di : http://goslink.wordpress.com/2007/11/07/lowongan-bnn-tidak-fair/

    Wassalam

  20. Hmm? Padahal rasanya kalau hanya penutup rambut, nggak akan terlalu bermasalah, bukan?

    Lain ceritanya kalau yang nggak diperbolehkan adalah menutup wajah secara keseluruhan. Itu saya bisa memahami. 😕

  21. Goslink says:

    Sebenarnya bukan hanya Departemen Pertanian yang membutuhkan SKCK (dahulu namanya SKKB) sebagai persyaratan melamar. Beberapa instansi pemerintah yang saat ini sedang membukan lowongan juga kok.

    Bulan lalu istri saya mengurus SKCK di Jakarta Timur tidak ada masalah kok. Istri saya bisa membuat SKCK tanpa harus melepas jilbabnya sama sekali. Mungkin mas bisa mencatat nama polisi di Magetan? yang mengharuskan membuka jilbab dalam pengurusan SKCK tersebut dan kirim surat ke Komnas HAM.

    Yang justru harus di cermati adalah lowongan BNN yang mewajibkan photo tanpa tutup kepala.

  22. masdhenk says:

    @lesstime
    wah, mungkin juga gak! baik sangka aja ah.. 🙂

    @ev
    pindah ke sidoarjo? takut lumpur 🙂

    @mirza
    gak dibesar besarkan mas, cuman share info aja di tempat kami

    @kiss ikhwah
    amien, makasih doanya

    @bambangtko
    cariin pekerjaan donk! 🙂 (mode becanda on)

    @almaidany
    wah, nanti gak ada dokter kandunga wanita donk! 😦

    @Johan Suryantoro
    betul. Tapi siapa yang peduli?

    @alex
    sabar… sabar…

    @marwan
    PNS = Gaji buta? tau ah gelap…

    @dobelden
    dimana mas?

    @hhh
    ikut prihatin

    @oyi
    sabar sabar…..
    “gak jadi presiden gak patheken”

    @sibermedik
    bukan departemennya mas, tapi polseknya yg mengharuskan begitu..

    @atmo4ath
    iya mungkin, mungkin jadi full time blogger aja yah 🙂

    @Kopral Geddoe
    maksudnya? (saya lemoth nih)

  23. Yaa, saya agak bingung. Soalnya foto itu ‘kan untuk identifikasi. Semestinya hanya wajah yang diperlukan; mengapa harus ke telinga? 😛

  24. masdhenk says:

    ya…itulah komandan, eh Kopral

    saya juga heran, tapi hal hal gini ini kok gak ada yang koar koar yah, termasuk pejuang emansisapi yang biasanya lantang berteriak…

    ini saya juga sempat liat di BOTD, ada kasus menarik :

    LOWONGAN BNN TIDAK FAIR

  25. saya pikir itu semua tergantung kpd muslimahnya juga
    jika kita berani menolak dan tetep ngotot untuk ikut CPNS sepertinya tidak masalah

    Pengalaman saya sering keluar masuk tatib sekolah gara2 Ijazah
    trus surat SKCK saya juga pake
    SIM, paspor juga pake

    tidak pernah ada masalah, selagi kita tetep istiqomah
    jadi jangan pernah takut 😉

  26. masdhenk says:

    @Goslink
    maaf tadi komennya nyangkut di askimet

    btw, yg ngalami bukan saya, tapi temen saya (istrinya)

    thx infonya

  27. reza says:

    kota mana seh????

  28. elankyz says:

    akh masa siy kemaren teman saya bisa kok,
    lagian banyak kok pns yangpake jilbab..trus gimanan bisa jadi pns coba kalo pake jilbab di skck dilarang.
    sial aja kali tu dapet kantor polis kaya gitu

  29. oRiDo says:

    jilbaber…
    tetep istiqamah..
    yakin se-yakin2-nya klo emang ternyata gak bisa.. brarti bukan yg terbaik..
    Allah lebih tahu yg apa yg terbaik bagi hambaNYA..

  30. rudi86 says:

    hmmm……….
    aneh2 za yahhh……

  31. rozenesia says:

    Kalau nggak salah waktu SMP dulu juga, waktu mau foto buat ijazah, yang pake jilbab juga disuruh kudu perlihatkan telinga.

    Aku bingung ah, sama negara yang katanya toleran dengan umat beragama ini.

    Intinya aku bingung, muka sudah kelihatan. Yo wis ndak ada masalah lagi kan? Peraturan yang aneh-aneh aja…

    …tapi, alangkah baiknya kita nggak berprasangka buruk dulu~

  32. ankopala says:

    Assalamu’alaikum

    Hmmm, masa’ begitu seeh Pak Polisi kita?
    Kalo bener begitu laporin aja ke jajaran yg lebih tinggi. Setau ane waktu bikin syarat2 cpns, temen kami yg jilbab gak disuruh liatin telinga koq.

    Doakan saja semoga Pak Polisi tersebut mendapat hidayah dari Allah SWT, Amiin

  33. nurussadad says:

    Bener waktu SMP pada buka kerudung semua sewaktu pengambilan foto buat ijazah…
    Sulit ya..

  34. Sativa says:

    itu aturan dikota mana sih?alhamdulillah aku berikut teman2 sekampusku yang kebetulan banyak akhwatnya ga da yg ngalamin kesulitan.##ohya almaidany coba deh baca fiqih kontemporer##aku setuju bangat sama kata2nya alex##Allah tuh adil,rezeki ga kan ketuker,jadi ga usah takut.coba deh dicari lagi polres yang ga mengharuskan buka jilbab ketika bikin SKCK. tetap semangat ya…….!!!!

  35. purmana says:

    ya Allah….

    Indonesia yang mayoritas Muslim malah tidak mencerminkan kehidupan yang Islami di masyarakatnya.

    Bukan hanya lowongan PNS saja yang ada kasus giniannya, banyak perusahaan yang malah lebih parah dalam peraturannya.

    Kasian para wanita selalu jadi objek penderiataan dan permasalahan di mayarakat.

  36. nusan Putri says:

    ah gak juga tuch…
    jangan bikin heboh getu kale///
    laen kali klo mau heboh…
    survei dulu yauw…
    tempatkun di BANTUL gak getu ko…
    ^_^

  37. masdhenk says:

    @reza
    di kota magetan mas,

    @elanzky
    iya mas, sial banget atuh

    @orido
    🙂 jadi adem dengernya

    @rudi86
    bin ajaib

    @rozenesia
    inilah Endonesia kami, kita dan saya

    @ankopala
    saya juga mendoakan seperti itu, semoga Pak pulisinya diberi Hidayah. (tapi Pak Pulisinya ato pembuat aturannya yah?)

    @nurussadad
    wah, kok parah? dimana mas ? Kaum Feminis kok gak tau yah?

    @sativa
    setuju

    @purnama
    tanya kenapa?

  38. liem says:

    Mohon mematuhi aturan…
    JAngan coba2 menentang aturan atau membuat aturan sendiri!! Ini Indonesia, bukan negara ARAB..

  39. Taufan says:

    Mas yang nulis bisanya cuman buat orang lain panas aja, mbok dewasa sedikit mas, jangan cuma nuding. Yang dimaksud kelihatan telinganya kan nanti untuk memperjelas identitas, kalo besok terjadi sesuatu dengan pelamar,memudahkan untuk dilacak, lha kalo yang mendaftar ntar korupsi (banyak lho jaman sekarang, ga peduli yang pake jilbab, malah sebagian besar haji—dari perkataan Gus Dur, ntar saya dibilang kafir padahal sesama muslim) susah nyarinya nudingnya ke polisi lagi. Kan cuman buat foto thok to mas, kalo udah kerja ya peke jilbab. Masuk Al Qaeda aja mas, kan maunya cuman marah tuh! Emang kalo kelihatan telinganya bisa nambahin nafsu ya, jangan jangan mas aja nih yang nafsunya kalo liat telinga, hehe guyon lho mas.

  40. NuDe says:

    @komen di atas: hubungan antara nyari yang korupsi sama telinga keliatan apa ya? emang kalau telinganya nggak keliatan jadi lebih sulit dikenali?
    kayaknya cuma polres magetan aja yang aneh-aneh gitu, istriku tempo hari nyari di magelang gak ada masalah tuh. tapi untuk keperluan lain, secara gak minat jadi pe-en-es

  41. Taufan says:

    @reply di atas. Karena saya kenal dengan banyak aparat, maka hal telinga kelihatan di atas sangat penting lho mas, karena kalo mengidentifikasi orang itu sulit( katanya sih) karena sekarang banyak orang berjilbab jadi cara mebedakan identitas ya seperti itu mas, mungkin saja di kota tu ada kasus orang hilang atau apa, yang menemui kesulitan dlm mengidentifikasi lalu sudah ketemu ternyta salah orang (hehe) jadi komandan polisi ytang bersangkutan memerintahkan hal sepeti itu. Saya yakin maksudnya baik dan ga aneh-aneh, n komandannya paling juga ga bw pulang tu foto, hehehe lg. Soalnya di topik ini kok yang dilawan malah depatemen penerimaan CPNS, kan Departemen yang menerima tidak mengeluarkan pernyataan kaya gitu,Saya ga mendebat lho, cewe say aj pake jilbab. Soalnya fatwa macam gini yang jadi kota ga aman n departemen tu ketar-ketir juga kan mas. kasihan yang da di lingkungan departemen tu, padahal SKCK bukan cuman buat jd CPNS. Lebih ke kep. Polisi, berarti lebih ke kep. keamanan kan? Mbok mikir yang positif aja mas2 ni. Kalo di Magelang emang ga kaya gt mas, kalopun kaya gt masy. berpikir positif. soalnya takut ntar ada ribut-ribut, ky d bogeman yang LDII,…….hehe Kulanuwun kulo inggih tiyang Magelang. Keep this city in peace n clean.

  42. Fakhrurrozy says:

    Apa yg dipinggirkan, suatu akan diperhatikan & dibenarkan….

  43. @LIK says:

    nora’ banget ya tu pulisi, pasti tu pulisi non muslim

  44. shinborg says:

    muslim susah dapat pekerjaan?dipersulit??ah ga juga.kita hidup di negara yang mayoritas orangnya muslim..jangan mengada-ada.

  45. Taufan says:

    Lho lho, kok jado ke masalah agama?
    ini kan soal foto yang kliatan telinganya? ini menurut saya murni urusan keamanan. Ini fakta lho mas/mbak. Sy udah tanya ke orang Magetan n kata mereka pernah ada kasus yang menemui kesulitan identifikasi, sekali lagi bukan karena polisinya muslim or non muslim, malah kebanyakan polisi non muslim tdk akan melakukan pelarangan semacam itu, itu kan masalah rentan. Mas/mbak mbok sekali lagi berpikir yang positif lah. Kalo kita taat beragama kan semakin jauh dari buruk sangka, dan jangan mengambil keputusan meghakimi orang lain. Kita ini mayoritas, lha yang terus-menerus dipersulit itu ya minoritas.

  46. salam jihad says:

    yakin tuh suruh kliatan??

    kalo aku yang tinggal di jakarta, di cipinang fine2 aja…

    kaya nya, yang merasa di gituin mesti lapor deh ke pihak ke POLDA setempat.

    kalo yang aku tau, penerimaan CPNS yang Di POLRI mang ga blh pake jilbab, tapi klo SKCK..ga mungkin…soal nya aku berada di komunitas polisi, aku sudah buktikan dan di jakarta boleh memakai foto BERJILBAB.

    jadi klo ada apa-apa jgn langsung sedih dunk..polisi kan tgs nya melayani masyarakat…klo dia nya ga mau melayani laporin sm ke POLDA setempat, minta penjelasan, alsan knp ada aturan seperti itu.

  47. ARI RAMADHAN says:

    INILAH SALAH SATU CONTOH KEBODOHAN ORANG ISLAM!!!! SEGALA SESUATU DIPANDANG DARI SUDUT SEMPIT??? BUKA MATA BUKA TELINGA ANDA KALAU MEMANG ISLAM MAU MAJU!!!!
    JANGAN TERLALU FANATIK SEBAB BELUM TENTU BENAR!!!
    PEMBUATAN SKCK SAH2 SAJA DAN BISA DI PAKAI WANITA2 BERJILBAB. KATA SIAPA MESTI DIBUKA JILBAB???? BUKANKAH HANYA PERLU FHOTO TERBARU??? BUKAN FHOTO BUGIL TERBARU???
    KALAU MISALKAN ANDA CACAT DI MATA SEBELAH ANDA PADA SAAT MAU TES CPNS APAKAH AKAN DITUTUPI??? TENTU TIDAK KAN??
    BEGITU JUGA KALO ANDA BERJILBAB MULAI DARI BULAN INI APAKAH ANDA DIBUKA?? JAWABANNYA PASTI TIDAK!!!!
    JANGAN MEMPERBESAR MASALAH SODARAKU ISLAM BUKAN SEPERTI ITU.

  48. Taufan says:

    Saya setuju!!!
    Islam harus maju. Kita sebagai orang Muslim sebaiknya berpikir positif, urusan kita bukan cuma mencari surga saja, mas n mbak. Coba saja negara kita sekarang sudah mulai meneruskan penelitian Minyak Jarak. Itu sudah menjadi kewajiban Muslim untuk turut memikrkan masalh dunia, bukan cuman beribadah, berzakat, tapi cuman bwt ngejar selamet kt sendiri.

  49. aQu says:

    InsyaAlloh, Alloh SWT pasti akan kasih yang terbaik ko………….
    kalo rezeki ndak akan kemana……..
    Alhamdulillah, aku senidiri berjilbab…..bikin SKCK dan lain sebagainya lancar………semoga akan terus lancar. Amien………
    Sabar aja kawan….

  50. Kukuruyuk_Jr says:

    beuh beuh…. macak ciehhh…

    gua ank magetan jg neh. Prasaan g pernah denger brita kayak gt dech!!! yg bnr aja bang!!!
    meski pun bener kayak gt!! gpp jg kok, cz pasti pak polisi jg pnya alasan sendiri buat kebijakan kyk gt!! bfikir positif aja lah!! lagian g mesti kan org yg berjilbab pasti masuk surga dibanding ma yg tdk berjilbab ^0^V just kidding yak!! perlu di ingat jg neh!! Indonesia Bukan negara islam!!!
    masak smua aturan di sesuain dg aturan islam molo!! kasihan yg laen dunk dunk dunk!!! gua islam kok!!!

  51. sari purwaningsih says:

    cuma orang bodoh yang melarang orang berjilbab untuk bikin skck dan melamar cpns!!!!!
    trs siapa menurut mereka yg paling pantes?? orang berfoto bugil yg blh bikin skck dan ikut cpns?????

  52. yn says:

    di tmpt saya jg harus menyerahkan foto yg tnpa jilbab… katanya buat mengisi data2 berupa ciri rambut, telinga, dll..
    Tp foto yg dtempel d krtu SKCk ttep yg pakai jilbab…. tapi tetap saja saya ngga sreg dg peraturan tsb.. T.T

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS Unknown Feed

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
Info Beasiswa
Nama Nama bayi Islami Contoh RPP berkarakter
Oil and Gas vacancy Information

Info Lowongan Migas

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Who’s online now?

website stats